Senin, 31 Oktober 2011

Tips untuk Penderita Darah Kental ...

Agak serius nih isi blog kali ini ...

Musim hujan kembali hadir, suhu agak menurun drastis kalo lagi mendung-mendung atau hujan deres. Penderita darah kental seperti saya, pastinya sudah tau kudu siap-2. Suhu drastis artinya semakin pelanlah aliran darah, makin ngelonan di bawah selimut, makin kurang gerak, makin pelanlah kerja jantung memompa darah ...

Kalau udah gitu, gejala-2 darah kental kambuh mulai terasa deh .... nah untuk sesama penderita darah kental, berikut ada tips buat pencegahan:

1. sering-2 konsumsi buah yang berkhasiat sbg pengencer darah, seperti nanas, tomat, manggis, anggur, kiwi, jahe, gak terlalu sulit kannnn ....

2. selalu sedia aspirin; di tas, di kamar, di kantor, hehehe aspirin yang murah meriah, terbukti ampuh mengencerkan darah kita (tapi kalo lagi haid atau mau operasi, jangan diminum ya, biar gak luber keran, hehehe). Jadi begitu tangan kaki, leher, kepala udah terasa cenat cenut, kesemutan dan tiba-2 mulai menjadi sekeras kayu dengan potensi sakit luar biasa karena aliran darah melambat, hajar pake aspirin, sehari satu cukup, dua hari satu butir jg ok. Atau pas dingin bgt or mau kambuh jg bisa.

3. usahakan bergerak tiap hari; jalan santai, ke warung kek, ke kantor kek, jalan di mal kek, pokoknya gerak ringan, supaya jantung tetep memompa darah dengan lancar

4. kalo ada waktu, panggil tukang pijet urut atau ke salon buat massage, pijat urut secara rutin (seminggu atau 2minggu sekali) akan melancarkan peredaran darah kita. Hati-2: pijat terlalu kencang bisa membuat aliran darah tidak normal, dan kalau darah kental sudah kambuh, dilarang keras dipijat ya ...

5. hindari makanan atau suplemen yg mengandung banyak zat besi, zat besi bikin darah kita makin berat. Kalau beli suplemen, lihat bagian kandungannya, ada zat besi (zinc) gak? Kalo ada, hindari! Biasanya zat besi juga terdapat dalam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam (huaaa ... kesukaan gue padahal), sawi, dll. Mendingan pilih yg tidak berwarna hijau spt jamur (jamur kuping salah satu pengencer darah alami juga lho), kentang, wortel, tomat, yummy juga kan???

6. yang terakhir, tentu saja minum air putih yg banyak yaaaa ....

terusssss .... kalo udah kambuh gimana boooo????????? hangatkan dirimu, pake sweater, minum yg panas-2, gerak-2 dikit, DILARANG KERAS dipijat atau diurut ya kalo udah kambuh dan kaku, lebih baik usapkan perlahan Thrombophob gel yg punya efek sama kyk aspirin, tapi mengencerkan darah dari luar (gel ini juga bisa dipake buat yg merasa uratnya terkilir atau mrengkel/mengeras) atau dibekam, hehehe atau banyak-2 deh pake counterpain biar anget terus badan ... Kalau dibiarkan, ya ampun, pengalaman saya bisa sampai 3 hari sakit benerrrr ....

As for the rookie (yg baru tahu punya indikasi darah kental), tenang saja, hidup gak berakhir kok ... cuma lebih waspada aja supaya tidak terjadi penyumbatan. Anggap aja ini sakit bawaan kayak asma atau diabetes, santai aja, yang penting kan sudah tahu. Alhamdulillah cuma darah kental, hehehe ... Lakukan saja langkah-2 pencegahan. Hidup dengan darah kental gak terlalu ribet kok.

Kalau Anda sedang hamil, darah kental bisa menyebabkan janin tidak mendapat pasokan darah cukup dan kemudian meninggal dunia. Jadi, begitu tahu hamil, disarankan utk segera konsultasi pada hematolog (yang terkenal sih dr. Karmel di PGI Cikini atau dr. Djumhana di Mitra Jatinegara), biasanya nanti ginekolog anda akan didampingi oleh hematolog utk 'mengawal' kehamilan anda.

Hidup simpel kok, jgn dibuat tambah ribet atau menakutkan. Santai saja ....

semoga berguna yaaaa .... Darah kental?????? TIDAK TAKUT !!!

NB: Tulisan ini hanyalah sharing ringan berdasarkan pengalaman saya semata, saya bukan ahli kesehatan apalagi dokter, jadi bijaksanalah mencerna informasi saya. Pengalaman saya mungkin berbeda dengan kondisi Anda. Untuk lebih jelas, hubungi dokter Anda yaaa ... :D 

24 komentar:

  1. bekaaaammm bekaaaammmmm!
    goooool! (eh itu beckham).

    BalasHapus
  2. bener juga, berarti BEKAM kudu dimasukin sebagai tips ... tengs Dit ...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hai saya juga penderita darah kental... memang suhu dingin bisa mengakibatkan darah mengental. Seperti contohnya naik pesawat. Pada ketinggian tt suhu udara makin dingin. Makin kentallah darah kita. Gak usah panik. Hangatkan tubuh. Pijit pelan bagian tubuh yang sudah mulai mendingin dan mengeras... biasanya dimulai dari ujung2 jari tangan dan kaki.... minum air hangat... insyaAlloh kondisi akan membaik dalam beberapa saat. Olah raga jangan terlalu berat. Karena apabila jantung memacu terlalu cepat maka dibutuhkan supply darah juga. NAH Santalah menjadi penderita darah kental... pasti ada solusi...

    BalasHapus
  5. makasih mbak Hastuti atas sharingnya ... Salam kenal :D

    BalasHapus
  6. Haiiii. Thanks ya utk sharenya. Manfaat banget. Salah satu gejala juga kalau tiba2 telinga spt berdenging atau pendengaran terganggu ..
    Smoga kita semua bs mencegah yaaaa... Sehaaattttt....

    BalasHapus
  7. oooooo pantessss ... telinga berdenging atau pendengaran terganggu juga ya ... kirain gara-2 saya pake jilbab jadi rada budeg dikit, hihihi Makasih banyak yaaa Mbak Widya sharenya ... Salam kenal juga :D

    BalasHapus
  8. Akhir2 ini darah kental bnyk dialamin cewek2 mulai usia skitar 20. gejala kambuh jg seperti pandangan terganggu. Bukan krn ada yg bediri pas nonton di bioskop ya tp misal pandangan berputar (vertigo). Lgsg aja diatasi.
    Thanks sharingnya ya manfaat bgt buat cewe gua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum menikah sudah terdeteksi lebih enak, jadi tidak perlu mengalami keguguran berulang. Bilang sama ceweknya, kalau hamil di masa yg akan datang harus harus harus bilang ke dokter kalo dia darah kental, jadi bisa mencegah keguguran janin karena darah beku bisa gak nyampe ke janin.

      Goodluck and hv a fun life then

      Monik

      Hapus
  9. Hi Mbak Monik.. saya sedang menunggu hasil lab ACA saat ini. Kemaren dapat serangan pas bangun tidur pagi2 buta..tiba2 badan dingin, keleyengan, pandangan kabur, punggung tengkuk dan kepala pegal..lsg lari ke RS. Sore ini sambil menunggu hasil lab ACA, saya pulang ke rumah tp ada kekhawatiran kena serangan lg karena kondisi belum fit benar. If you dont mind sharing with me, Apa gejala yg saya alami terjadi juga pada mba monik ya? Apa memang biasa kambuh pas bngun tidur? Appreciate your helps.. Ina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ina ybk, maaf bgt saya baru liat pesannya. Gimana hasil lab-nya?

      Memang kondisi pengidap darah kental ketika tidur agak beda dengan yg bukan pengidap. Kalau sedang tidur, kerja jantung akan lebih lambat lagi dari biasanya dan itu mengakibatkan aliran darah makin lambat. Nah, utk kita-2 yg punya darah kental, aliran lambat cuma ada 2 kemungkinan, bisa jadi jalan pelan bgt atau malah beku. Yah kalau udah gt, pasti deh bangun tidur, jari tangan yg paling terasa pertama. Sakit di bagian-2 persendian dan kaku berat.

      Kalau benar darah kental, maka kita harus menghangatkan diri setiap saat, kudu perhatian ekstra sama cuaca, AC, dll. Jgn sampai badan kita dingin. Jadi, pas tidur biasanya saya suka pakai selimut atau tempel koyo di bbrp tempat, terutama yg rawan dingin karena aliran darah lambat, seperti bahu, punggung, pinggang, lengan, hehehe

      kabar-2i ya. Semoga gak terlalu mengkhawatirkan ... Kalau cuma pegal dan kliyengan itu gak terlalu parah kok, yg parah kalau udah sakit dan kaku sampai berhari-hari. Pengalaman saya dulu-dulu 3 harian. Kalau suka olahraga juga jgn terlalu berat ya, apalagi sampai njarem otot-otot. Wah, paling gampang kambuh tuh. Jaga-2 aja supaya badan tetap hangat, itu kuncinya.

      Semoga bermanfaat ya :D

      Hapus
  10. Hello mbak Monik, saya udah 2 bulan ini hanya makan sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam, kangkung, wortel dan kentang aja (mungkin porsinya kebanyakan :(, dan selama saya hanya mengkonsumsi sayur'an selama 2 bulan ini menstruasi saya jadi tidak lancar alias keluar dikit banget itupun gak sampai 1 hari (normalx 3-5 hari). Apakah itu bisa disebabkan karena darah yang mengental? Kalau saya lihat dari gejalanya seperti pagi kalau udara dingin itu badan saya sakit dimulai dari jari' tangan. Apakah pijat refleksi bisa membantu mbak? Please infonya. Yospina

    Tengkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kamu cuma makan sayur aja 2 bulan ini? Yaaaa ... itu pasti akan mengganggu keseimbangan hormon. Coba cek ke dokter deh. Diet apa pun kalau tidak seimbang dan kebanyakan pasti akan berakibat pada hormon kita. Saya yakin banget kamu harus periksa ke ob.gyn. Kalau soal darah mengental tentu saja harus periksa untuk kepastiannya. Yang saya tahu, brokoli, bayam dan sawi hijau, banyak mengandung zat besi, itu yg bikin darah jadi berat kalau konsumsinya kebanyakan. Saran saya kalau haid sudah berantakan begitu lebih baik periksa ya. Yang kedua, saran saya, dietnya harus seimbang say, coba konsul ke dokter gizi. Haid berantakan itu cuma tanda-tanda ada ketidakseimbangan hormon. Cek yaaaa ...

      Hapus
  11. Mbak Monik, aku juga punya darah kental, papa dan om ku juga sama. aku pernah keguguran 2 kali. waktu hamil disuntik setiap 3 hari sekali. gejalanya aku suka kesemutan di kaki dan tangan. sama suka kaku. itu bisa mengaruhi jantung ga si? atau stroke gitu.makasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nancy ybk, aku bukan dokter nih, jadi gak paham juga itu bisa mempengaruhi jantung atau stroke. Tapi kalau pake logika, kayaknya sih iya. Stroke kan terjadi ketika ada pembuluh darah yg macet, nah, darah kental punya potensi utk itu kayaknya. Makanya jaga juga kolesterol supaya gak ada endapan di pembuluh darah, dan aware sama keadaan kita. Gejala kamu sama banget ya sama aku. Aku juga 2x keguguran say ... Baru tahu darah kental setelah keguguran yg kedua kali. Eh, waktu hamil disuntik terus hasilnya gimana? sukseskah sekarang? Semoga kita baik-2 aja ya :D Amin

      Hapus
  12. dear mba monik,
    salam kenal yaaa
    kayanya penyakit kita sama deh, aca/aps. hamil 3x 'sukses' iufd (janin meninggal dalam kandungan diusia kandungan diatas 20minggu). waktu hamil yang ke 3 kemaren (2 thn yg lalu) dari usia kandungan 8 minggu sudah main suntik2an heparin 3xsehari sama minum aspilet 1xsehari. tapi namanya belum rejeki tetap aja kecolongan. :(

    sampai sekarang sie ini pengentalan darah masih suka mampir, kadang tangan tu rasanya kebas bgt, kadang nyeri nyut2 gimanaaaa gitu (biasa malah sampai bengkak gitu jadinya), trus tak lupa juga lebam/memar yang suka muncul dikulit tanpa sebab (sampai dibilangin suami kaya korban kdrt). biasanya sie kalo gitu pasti berhubungan sama makanan yang dikonsumsi kemaren2 tu ga sehat, kaya junkfood, cemilan2 (macam ciki2 gitu), mie instant. (suka nakal sie makan makanan yang udah jelas ga sehat, godaannya besaaarr). Biasanya kalo udah kumat aq hajar sama aspilet deh, alhamdulillah bisa ilang (biasanya bertahan 1 minggu nie penyakitnya ga muncul), trus balik lagi ke makanan2 sehat, sayur mayur buah2an yg berwarna cerah.

    baca postingannya mba monik ini, baru tau kalo bekam juga bisa ya mengencerkan darah. selama ini sie diajakin suami bekam ga pernah mau, ngeri aja ngebayangin darah2 yg keluar dari punggung itu kental2 gimanaa gitu (padahal wktu hamil kemaren suntik sendiri 3x sehari santai aja). Jadi kepikiran pengen nyoba bekam deh.
    pokoknya seneng deh ketemu postingannya mba monik, jadi nambah ilmu lagi soal si darah kental ini. and rencananya tahun ini mau nyoba2 usaha hamil lagi deh, tapi mau di persiapkan matang2 dulu biar ga kecolongan kaya yang lalu2. doa kan ya mba monik. :))

    BalasHapus
  13. mbakkkk ... aku baru baca postinganmu, hiks ... seneng banget ketemu temen ... Aku gak mempan sama aspilet euy, kudu aspirin kalo lagi kambuh. Dan ternyata perutku juga gak kuat makan nanas. Alhamdulillah sejak olahraga ringan seminggu 3x dan ngatur makan, agak mendingan. Aku nanya dongggg .... Badanku sering banget dingin, kamu jugakah? Aku menduga itu salah satu ciri penderita darah kental. Aku suka ngecek sama panas tubuh suami yg normal, badanku emang dingin, makanya kalo abis olahraga darah bisa ngalir, rada anget, plus sauna jadi agak enakan.

    Belum nyoba hamil lagi nih, beres sekolah baru bismillah fokus, sekarang lagi stres ngejar lulus. Semoga Alloh mendukung. Yuks bismillah sama-sama .... *peluk

    BalasHapus
  14. oh iyaaa ... doktermu siapaaa???

    BalasHapus
  15. wah berguna juga nih, terima kasih ya kawan ini berguna banget untuk waspada.

    BalasHapus
  16. terima kasih kembali mas ... alhamdulillah bisa berguna ...

    BalasHapus
  17. bagus banget oh ya mbak klo mengkonsumsi ektrak kulit manggis bagus gak ya buat darah kental tq ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku blm coba nih mas, boleh jg nanti kucoba, siapa tau ada kbr gembira utk kita semua dr Mastin hihihi ....

      Hapus